ini tipeku, apa tipemu ?

on Rabu, 04 Januari 2012

“Personality Plus”, eh ada juga buku seperti ini di perpustakaan UTY, yang notabene kampus teknik (dan jangan lupa “the better choice-nya”). Menemukan buku jenis begini diantara tumpukan “arsip” perpus UTY yang berdebu bagaikan mendapat sebuah panci, begitu beruntung dan berharga.. ..
#plak ! wake up !
Eh nggak, hahaha.. heran aja ada buku yang seharusnya menjadi makanan anak2 psikologi kesasar disini. Mungkin dulu pas semua benua masih menjadi satu sebagai super continent Pangaea, buku ini tercampur jadi satu dengan buku2 teknik.. lalu terpisah dengan sesamanya selama jaman es...
Halah ! daripada ngomongin tentang asal usul buku misterius ini mending kita lihat apa isinya..
#buka buku. . . . . . . . . . . . . dan isinya adalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . #buku jatoh
“Ifun !, ngapain kau disitu ??”
#plak ! T_T
Ahahaha, udah ah. Mari saya beri tau barang sedikit mengenai.. jangan senang dulu, bukan saya mau ngasih liat barang saya, maksudnya mari saya kasih tau isi buku ini :P
Ok, buku ini adalah karangan dari (saya lupa), dan terbitan dari (saya lupa juga), tahun (maaf, lupa) intinya begitu. Isinya adalah membahas mengenai (jenis) pribadi manusia seperti yang diungkapkan oleh Hypocrates. Siapa itu Hypocrates ?
........................................................................................
sumpah bukan saya.. T_T
#plak !
ah sudahlah,
Let’s begin !
Yang pertama adalah Sanguinis, berasal dari kata SANGU dan INIS, yang berarti saya tidak tau artinya. Tipe orang seperti ini adalah orang yang ceria, selalu ingin jadi pusat perhatian, narsis, penggembira, suka mengobrol, dan seorang pemberi semangat. Biasanya memiliki selera humor yang hebat, dan menceriakan orang-orang disekitarnya.

-Sisi Positif: Ramah pada orang lain, pandai bergaul, punya rasa humor yang hebat, penuh rasa ingin tahu, pandai menyemangati orang-orang di sekitarnya, tidak pernah kehabisan kata-kata, kreatif dan inovatif.
-Sisi Negatif: Moody, punya ingatan pendek, gampang terpengaruh kejadian di sekitar dan menanggapainya dengan emosi meledak-ledak tanpa pikir panjang. Lebih mengedepankan perasaan darpada pikiran dan bukan pendengar yang baik.
Koleris, bukan kolera.. merupakan sifat manusia yang istilahnya, berkemauan keras. Mereka adalah tipe manusia yang suka membuat keputusan untuk orang lain dan dirinya sendiri, bersikap ekstrovert, walaupun tidak se-ekstrovert Sanguinis, mungkin tipe orang egois kali ya :p
-Sisi Positif: Berorientasi pada target, bisa melihat masalah secara luas, terorganisir, bergerak cepat bila dibutuhkan, dan tidak mudah patah semangat.
-Sisi Negatif: Tak mau disalahkan dan ingin selalu memegang kendali. Tak bisa menerima improvisasi apalagi perubahan mendadak.
Lalu ada Melankolis, adalah tipe orang yang.. mungkin ini yang paling halus diantara yg lain, suka menyendiri, memikirkan lebih dari orang lain, suka pada karya seni, suka berkorban, introvert sekaligus ekstrovert, dan lebay :p
-Sisi positif: Berorientasi pada jdwal, gila pada detil, kreatif, ekonomis, problem solver handal dan pendengar yang baik.
-Sisi Negatif: Memasang standar tinggi pada orang lain dan akan menganggap orang itu lemah kalau tidak bisa memenuhinya. Tidak mudah berteman karena sangat hati-hati, mudah tertekan dan suka menunda.
Last, (akhirnya) Plegmatis. Merupakan orang paling kalem, tidak suka ribut, tapi masih merupakan teman ngobrol yang enak karena wawasan luas. Mungkin ini adalah sisi manusia yang paling seimbang diantara ketiga diatas, pendiam, suka duduk di pojokan, tiba-tiba basah.. #plak !
-Sisi Positif: Sangat menjauhi hal yang tidak menyenangkan, tidak mudah terhasut karena selalu melihat suatu peristiwa dari beragai sudut.
-Sisi Negatif: Karena terlalu tenangnya, perlu dipancing untuk bicara, terkesan lamban dan malas. Bagi yang belum kenal baik sering dianggap sombong. Tidak tegas sehingga terlihat tidak berpendirian.
#lap keringat, akhirnya.. selesai juga, postingan ini ada sedikit ngambil referensi dari internet juga sih. Nah !! cukup jelas bukan ? sekarang kalian bisa tau pribadi kalian masing2 :D
sudah tau ? sudah ?
Wah hebat, kalo saya sih masih bingung -_-“
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . .. . . . .
Tapi akhirnya saya juga tau sisi apa yang dominan pada diri saya. Setelah terlambat mengembalikan buku “Personality plus” ini hampir 2 bulan, kena denda 15 ribu, dan murung selama 2 hari karena itu.. oh, ternyata saya seorang melankolis \(T_T)/

4 komentar:

Rena Herald mengatakan...

jiahh... itu buku udah lm bgt. kok ada di kampus teknik? bukunya terbang sendiri dr pabriknya mgkn
kl saya mah melankolis-kolerik
di luar melankolis total *emo gitu -_-
di rumah galak kaya nenek tiri

dante mengatakan...

wkwkwkwk.. ngemo ya :D
saya sendiri sih masih bingung sebenarnya, biarlah menjadi suatu misteri.... eng eng jeeeeng :hammers

Rena Herald mengatakan...

kau di blog ky manusia maya sanguin dek -_-"

dante mengatakan...

wekwekwek.. manusia maya, apalagi itu. berharapnya kalo saya pengen semua kepribadian itu :D
#maruk

Posting Komentar