Gaulisme ?

on Sabtu, 13 Agustus 2011
Gue gaul ga syih cyiiin

Sekarang ini, pasti udah ga pada aneh dong sama yang namanya “Anak Gaul”. Boleh dikatakan sindrom ini menginfeksi mungkin sekitar 70% anak muda indonesia, sebuah sindrom yang menakutkan. Kenapa menakutkan ? soalnya kalo menurutku sindrom ini bisa membuat para anak muda yang menjadi korbannya menjadi gaul. Loh ?

Jadi gaul kan ga masalah ? iya emang ga masalah sih, bagus malah kalo jadi anak muda yang gaul. Asal aja, gaulnya seimbang. Gimana gaul yang seimbang itu yak ? ya gaul sih gaul, tapi harus diimbangi dengan manfaat yang ditimbulkan, ga cuman membuang-buang energi dan materi lebih-lebih waktu hanya demi sebuah predikat “anak gaul”. Kalo saya lihat belakangan ini term anak gaul adalah anak muda yang make BB, giginya diiket kawat, rambut rebonding, mata warna-warni. Kemana-mana naek mobil, motorsport atau yang terbaru sekarang pada make fixie (tapi makenya kalo malem doang, siangnya naek motor/mobil)..and all kind of that things. Ok saya cuman mau menyampaikan uneg-uneg aja sebagai anak muda, karena ini blog-blog saya.. jadi bebas dong mau ngebacot apa aja, ahaha..

sebenernya itu semua sah aja sih. Tapi ya masalahnya perilaku anak muda sekarang ini semakin menunjukan perilaku budaya konsumtif doang, ga ada lagi semangat buat belajar atau mandiri, ga ada inovasi dalam hal baru. Kita hanya berakhir sebagai end user, sementara yang lain untung dengan terus menyuplai “kebutuhan” kita sebagai anak gaul itu, what a fool !

Ambil aja contoh misal fenomena behel sekarang ini, dimana-mana orang berlomba magerin gigi mereka. Padahal sejatinya kawat gigi diperuntukan untuk dunia medis yang gunanya adalah untuk merapikan gigi yang berantakan (maaf). Tapi arti sebuah behel sekarang udah membelok, jadi sebuah benda yang menunjukan sebuah prestise seseorang, buat apa make behel kalo giginya udah rapi dan bagus ? soalnya ga make behel ga ngetrend.. what the fuck ?

Ada lagi soal gadget-gadget yang sekarang lagi booming semacam Blackberry, Apple iPhone, iPad, etc. Biasanya para korban sindrom ini akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk memiliki gadget-gadget tsb, ok kalo kemampuan ekonomi terbilang “bisa” sih mungkin ga masalah. Tapi masalahnya lagi sindrom ini ga menyerang anak muda kalangan “bisa” aja, semua kalangan juga jadi korbannya. Kemarin sempet lihat berita di Yahoo news ada seorang siswi di Indonesia yang menjual keperawanannya hanya demi membeli Blackberry, ada lagi seorang anak di China ngejual ginjalnya buat beli iPad.. OMG apa yang terjadi dengan kalian ??!!

Sementara kalo diliat-liat dari pengamatan para penggunanya, mereka mayoritas cuman ngegunain BB buat BBM’an doang atau update status FB, jarang sekali yang make lebih dari itu. Padahal sebenernya Blackberry itu adalah sebuah device yang diperuntukan untuk segmen korporat lho, untuk kemudahan akses, dan banyak sekali fitur yang berguna sekali kalo penggunanya cukup butuh dan tau. Tapi yah, mungkin lebih karena bentuknya keren, kameranya jernih trus banyak yang make, jadi korban-korban ini juga ikutan kepencut kali ya.. who knows.

Kalo mau dirunut hal-hal negatifnya sih bisa ampe berlembar-lembar ga selesai, meskipun sisi positifnya juga ada. Biarin aja orang-orang menilai sendiri apa yang terbaik buat mereka. Lagian ini bulan puasa, saya musti menghemat tenaga plus ga boleh grundelin orang, kalo mau lebih tau lagi tanya aja ama paman Google, ahahaha. It’s up to your choice dude, your life is yours...!!
Sayonara !!

2 komentar:

Rizqi Arifuddin mengatakan...

anak muda (remaja smp-sma) sekarang memang aneh-aneh... terlalu gampang dipengaruhi budaya populer

dante mengatakan...

hahaha, sebenernya sih kalo bisa memilah-milah yg baik dan ga baik malah jadi bagus. tapi sekarang dimakan semuanya -__-"
thanks udah berkunjung gan :D

Posting Komentar