Fisika Gasing

on Kamis, 11 Agustus 2011
berhubung besok adalah hari terahir UAS, dan mata kuliah terakhir juga adalah Fisika. yang notabene adalah mata kuliah yang tidak aku sukai, maka malam ini adalah malam yang keras. aku harus berusaha mengumpulkan berbagai catatan dari teman-teman, nyari bahan-bahan referensi dari internet.. aaaarrggh, what a fool !!!
tapi mau ga mau emang harus mau
MySpace
kalau besok aku sampe dapet C lagi, sia-sia sudah perjuanganku selama 1 bulan ini ikut SP, mengorbankan waktu liburan.
nyalin catetan udah beres, biarpun tulisannya ga kebaca, yang penting ada rumusnya (padahal ga tau cara gunain rumusnya).
sekarang tinggal gugling-gugling semoga ada pencerahan, dan cling !
dengan keyword "tips fisika" dapet hasil pencarian 30.000 lebih
MySpace
eh ada judul yang menggelitik, namanya "Fisika Gasing, Fisika tanpa rumus" sepertinya menarik. open in new tab, dan taraaa.. isinya adalah tentang tips-tips mudah mengerjakan soal-soal fisika, setelah saya baca intro dan contoh-contohnya, iya eh sepertinya jadi agak gampang :D
tapi sepertinya ini adalah sebuah buku, soalnya yang diposting di internet cuman sekedar intro dan sedikit contohnya aja.
dan benar, Fisika tanpa rumus ini ditemukan oleh Prof. Yohanes Surya. tau kan siapa beliau ? (kalo saya ga tau, hahaha) Beliau menyebut fisika tanpa rumus ini dengan istilah Fisika Gasing. Beliau sekarang mendirikan perusahaan Surya Institute yang bergerak dalam dunia research, pengembangan metode belajar, percetakan, pengajaran dll.
Untuk profile lengkap beliau bisa dilihat di www.yohanessurya.com nih penampakan beliau (keliatan banget ya kalo orangnya pinter)

Seperti apa Fisika Tanpa Rumus Itu ?

Mungkin kita bertanya-tanya seperti apa sih fisika tanpa rumus itu ? Dan mungkin jg sebagian dari kita mengatakan bahwa impossible. Nah begini, Fisika Tanpa Rumus ini adalah metode belajar fisika yang menggunakan logika-logika sederhana. Jika kita memahami logika penambahan, perkalian, pengurangan dan pembagian maka belajar fisika sekarang menjadi sangat gampang dan menyenangkan. Sekarang tak lagi ditemukan rumus-rumus yang rumit dalam metode ini. Dan sekarang bisa dikatakan bahwa “DILARANG MENGHAFAL RUMUS di sini”. ahaha, I Like this guy


ini sedikit contohnya :


Dua buah mobil A dan B. Kedua mobil saling berhadap-hadapan, terpisah sejauh 20 meter. Mobil A bergerak ke kanan dengan kecepatan 3 m/det dan mobil B bergerak ke kiri dengan kecepatan 2m/det. Kapan kedua mobil bertemu ?
Jawaban : Jika kita lihat, kedua bola bergerak mendekat dengan kecepatan 3 m/det dan 2 m/det. Dalam 1 detik bola A mendekati bola B sejauh 3 meter, sedangkan bola B mendekati bola A sejauh 2 meter. Jadi apabila digabungkan maka dalam 1 detik mereka bertambah dekat 3 + 2 meter = 5 meter. 
Jarak kedua bola mula-mula adalah 20 m, kedua bola bertumbukan setelah 20/5 = 4 det. 


yang diatas tentu saja copy paste dari situsnya, hahaha. saya males nulis kek gitu :D
dan kalo kalian berminat sama buku ini, sekarang udah ada 4 volume dari buku ini.
ini contoh volume 1

Berisi :

- Gerak Lurus beraturan
- Gerak Lurus berubah beraturan
- Gerak 2 dimensi (gerak parabola)
- Gerak relatif
- Gaya sebagai penyebab percepatan
- Bidang miring
- Gaya normal
- Gaya gesekan
- Gaya Fiktif
- Usaha, energi kinetik, energi potensial..

yeah, that's all.. udah dulu ya saya mau belajar, hahaha.. kalo mau bukunya beli aja di toko buku, saya ga jual
MySpace
Sayonara....!!


0 komentar:

Posting Komentar